9 Manfaat Tomat Untuk Kesehatan

Manfaat Tomat – Tomat termasuk salah satu makanan yang menyehatkan di muka bumi ini. Sebagian orang menganggap bahwa tomat adalah buah dan sebagian lainnya menganggap sebagai sayuran. Namun terlepas dari itu semua, yang pasti tomat adalah makanan yang mengandung segudang manfaat bagi kesehatan tubuh. Hal ini karena tomat menawarkan sejumlah nutrisi yang penting bagi tubuh.

Kandungan nutrisi dalam tomat

Satu sajian tomat mentah (sekitar 150 gram) mengandung vitamin A, C, K, folat, dan kalium. Tomat secara alami rendah akan sodium, lemak jenuh, kolesterol, dan kalori. Tomat juga mengandung tiamin, niasin, vitamin B6, magnesium, fosfor, dan tembaga, di mana semua kandungan tersebut sangat diperlukan untuk menunjang kesehatan tubuh. Selain itu, seporsi tomat menyediakan 2 gram serat, yang merupakan 7 persen dari jumlah asupan serat harian yang disarankan. Tomat juga memiliki kandungan air yang relatif tinggi.

Manfaat Tomat Bagi Kesehatan Tubuh

Secara umum, makan buah dan sayuran, termasuk tomat, sangat bermanfaat untuk melindungi tubuh dari ancaman berbagai penyakit seperti penyakit jantung, stroke, hipertensi, dan lain sebagainya. Lebih dari itu, ada beberapa lagi manfaat tomat bagi kesehatan tubuh yang mungkin belum anda ketahui. Simak ulasan lebih lanjut berikut ini..
1. Menjaga kesehatan kulit
Tomat membuat kulit anda tetap sehat dan indah. Beta-karoten yang terkandung dalam buah tomat (juga ditemukan pada wortel dan ubi jalar), membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat paparan sinar matahari. Buah tomat juga mengandung likopen, di mana senyawa ini dapat melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar UV, penyebab utama garis-garis halus dan kerutan pada kulit.
2. Membantu tulang tetap kuat
Vitamin K dan kalsium dalam tomat sangat baik untuk memperkuat dan memperbaiki tulang. Likopen dalam tomat juga telah diketahui dapat meningkatkan massa tulang, dan hal ini sangat baik untuk mencegah osteoporosis.
3. Membantu melawan kanker
Tomat adalah pelawan kanker alami. Sekali lagi, likopen dalam tomat dinilai mampu dalam mengurangi risiko beberapa jenis kanker termasuk kanker prostat, serviks, mulut, faring, tenggorokan, kerongkongan, lambung, usus besar, dubur, dan kanker ovarium. Tomat mengandung vitamin A dan C, antioksidan yang sangat berperan dalam melawan radikal bebas penyebab kerusakan sel.
4. Membantu mengatur gula darah
Manfaat tomat lainnya adalah dapat menjaga gula darah anda tetap seimbang. Tomat merupakan sumber yang baik dari kromium yang dapat membantu mengatur gula darah dalam tubuh.
5. Membantu meningkatkan daya penglihatan
Tomat dipercaya dapat meningkatkan daya penglihatan mata anda. Vitamin A dalam tomat memiliki peran dalam memperbaiki penglihatan dan membantu mencegah rabun senja. Penelitian terbaru menunjukkan bahwa mengonsumsi tomat dapat membantu mengurangi risiko degenerasi makula, sebuah gangguan mata yang serius dan sulit untuk dipulihkan.
6. Menjaga kesehatan rambut
Tomat bahkan diketahui bermanfaat bagi rambut anda. Vitamin A dalam tomat dapat bekerja untuk membuat rambut anda tetap kuat dan indah.
7. Membantu mencegah batu ginjal
Tomat diketahui dapat membantu mencegah terjadinya batu ginjal dan batu empedu dalam tubuh. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa batu ginjal dan batu empedu jarang terjadi pada orang yang rutin makan tomat tanpa bijinya.
8. Membantu meredakan peradangan
Jika anda adalah salah satu dari jutaan orang yang berurusan dengan penyakit yang melibatkan peradangan (seperti artritis atau nyeri punggung), konsumsilah tomat secara teratur. Tomat dipercaya dapat meredakan nyeri atau sakit yang anda alami. Hal ini karena tomat kaya akan bioflavonoid dan karotenoid yang dikenal sebagai agen anti-inflamasi. Nyeri kronis sering melibatkan peradangan kronis, sehingga menyerang langsung di bagian yang mengalami peradangan adalah cara yang baik untuk meredakan sakit yang anda alami.
9. Membantu menurunkan berat badan
Jika anda sedang menjalankan program diet, libatkanlah tomat ke dalam menu makanan harian anda. Tomat mengandung banyak air dan serat, yang memberikan rasa kenyang dengan cepat dan tahan lama tanpa menambahkan banyak kalori. Hal ini membuat tomat menjadi teman yang baik untuk menyukseskan program diet anda dalam menurunkan berat badan. Anda bisa mengonsumsi tomat sebagai camilan sehat atau melibatkannya pada menu makanan lain seperti salad, sandwich, sup, dan lain sebagainya.
Demikian artikel tentang manfaat tomat bagi kesehatan tubuh, semoga bermanfaat.
Share this post :

Bagaimana Pendapat Anda Tentang Blog Ini?

Anda Pengunjung Ke-

Popular Post

Test Sidebar

Followers

Putu darmayasa. Diberdayakan oleh Blogger.
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. ["Berbagi Ilmu"] - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger