Jenis-jenis Kanker Darah Atau Leukimia

   Leukemia adalah salah satu penyakit yang kronis atau memburuk secara perlahan dan penyakit yang akut atau memburuk secara cepat. Berdasarkan seberapa cepat penyakit ini berkembang dan memburuk, tipe-tipe leukemia terbagi menjadi :
1. Leukemia Kronis. Pada awal penyakit, sel-sel darah yang abnormal masih dapat mengerjakan pekerjaan mereka. Orang-orang dengan leukemia kronis mungkin tidak mempunyai gejala-gejala apapun. Akan tetapi, secara perlahan, leukemia kronis kian memburuk. Ketika jumlah sel-sel leukemia didalam darah semakin meningkat, maka muncullah gejala-gejala leukemia.
2. Leukemia akut. Pada leukemia akut, sel-sel darah mengalami kondisi yang sangat abnormal sehingga tidak dapat mengerjakan pekerjaan normal mereka. Karena jumlah sel-sel abnormal meningkat secara cepat, leukemia akut pun memburuk secara cepat.
Adapun tipe-tipe umum dari leukemia adalah :
1. Leukemia Limpositis Kronis atau Chronic Lymphoblastic Leukemia (CLL). Setiap tahun, muncul sekira 7.000 kasus baru dari leukemia jenis ini. Orang-orang yang terdiagnosis dengan CLL umumnya di atas 55 tahun. Oleh karena itulah, CLL hampir tidak pernah menyerang anak-anak.
2. Leukemia Myeloid Kronis atau Chronic Myelogenous Leukemia (CML). Setiap tahun, muncul sekira 4.400 kasus baru dari leukemia jenis ini. CML terutama menyerang orang-orang dewasa.
3. Leukemia Limpositis Akut atau Acute Lymphocytic Leukemia (ALL). Setiap tahun, muncul sekira 3.800 kasus baru dari leukemia jenis ini. ALL umumnya menyerang anak-anak muda. Namun, juga dapat menyerang kalangan dewasa.
4. Leukemia Myeloid Akut atau Acute Myelogenous Leukemia (AML). Setiap tahun muncul10.600 kasus baru dari leukemia jenis iini. AML terjadi pada orang dewasa dan anak-anak.
Tipe-tipe leukemia bisa dikelompokkan berdasarkan tipe sel darah putih yang terpengaruh. Leukemia dapat timbul pada sel-sel lymphoid atau sel-sel myeloid. Oleh karena itulah, leukemia juga bisa digolongkan menjadi :
1. Leukemia Limpositis (Lymphocytic Leukemia). Ini adalah leukemia yang memengaruhi sel-sel lymphoid.
2. Leukemia Myeloid (Myeloid Leukemia atau Myelogenous Leukemia). Ini adalah leukemia yang mempengaruhi sel-sel myeloid
Share this post :

Bagaimana Pendapat Anda Tentang Blog Ini?

Anda Pengunjung Ke-

Popular Post

Test Sidebar

Followers

Putu darmayasa. Diberdayakan oleh Blogger.
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. ["Berbagi Ilmu"] - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger