Hardware: Mengenal Input Device / Alat Masukan di Komputer
Input device adalah suatu unit yang berfungsi sebagai suatu media untuk memasukkan data dari luar komputer ke dalam prosesor atau memory untuk diolah menjadi suatu informasi yang diperlukan.Melalui gambaran umum yang saya tuliskan diatas, kita dapat mengetahui makna dan kegunaan dari input device itu sendiri. Input device / alat masukan memasukkan data berupa signal input dan maintenance input. Signal input
berbentuk data yang dimasukkan ke dalam komputer, sedangkan maintenance input berbentuk program digunakkan untuk mengolah data yang dimasukkan.
Jadi, input device selain digunakan untuk memasukkan data, dapat pula digunakan untuk memasukkan program. Berdasarkan sifatnya, peralatan input dapat dibedakkan menjadi dua, yaitu:
- Peralatan input langsung, yaitu input yang ketika dimasukkan akan langsung diproses oleh alat pemroses. Contoh: keyboard, mouse, touchscreen, light pen, digitizer grapichs tablet, scanner.
- Peralatan input tidak langsung, yaitu input yang melalui media tertentu sebelum input tersebut diproses oleh alat pemroses. Contoh: disket, hardisk, punched card.
Nah, alat masukkan / input device tersebut terdiri dari beberapa piranti, yaitu:
1. Keyboard
Merupakan input device terpenting yang dalam suatu pengolahan
data dengan komputer. Keyboard berfungsi memasukkan data berupa huruf,
angka, karakter/simbol, serta sebagai media bagi user untuk melakukan
perintah-perintah lainnya yang diperlukan seperti menyimpan file.
Keyboard berasal dari model mesin ketik yang diciptakan dan dipatenkan
oleh Christoper Latham pada tahun 1868.
Keyboard yang sekarang kita kenal memiliki beberapa jenis
port, seperti USB, port serial, wireless, dan ps2. Sedangkan jenis jenis
keyboard yaitu :
1. QWERTY
2. DVORAK
3. KLOCKENBERG
2. Mouse
Fungsinya adalah untuk perpindahan pointer atau kursor secara
cepat. Selain itu, dapat sebagai perintah praktis dan cepat dibanding
keyboard (double click). Mouse terdiri dari tiga tombol yaitu tombol
sebelah kiri (click), tombol tengah/tombol gulung (scrool), dan tombol
kanan (right click). Mouse terdiri dari beberapa port yaitu serial,
ps/2, USB, dan wireless.
3. Touchpad
Input device ini biasa kita temukan di laptop/notebook. Unit
ini digunkan sebagai pengganti mouse. Jadi fungsinya juga untuk
memindahkan kursor secara cepat.
4. Light Pen
Adalah pointer elektronik yang digunakan untuk mendesain
gambar dengan screen/layar monitor. Light pen memiliki sensor yang dapat
mengirimkan sinyal cahaya ke dalam komputer kemudian direkam, dimana
layar monitor bekerja dengan merekam sinyal elektronik setiap baris per
detik.
5. Joystick dan Games Paddle
Alat ini biasa digunakan pada permainan komputer. Games
paddle berbentuk tongkat dengan beberapa tombol diatasnya untuk
mengendalikan suatu objek dalam komputer.
6. Barcode
Barcode termasuk dalam suatu unit masukan / input device.
Fungsi alat ini adalah untuk menyimpad suatu kode yang berbentuk garis -
tebal vertikal yang kemudian diterjemahkan dalam bentuk angka-angka.
Tapi, sekarang di negara-negara maju, barcode sudah digantikan oleh QR
Code yang dapat menyimpan jumlah kode lebih banyak dan lebih besar
daripada barcode [Baca: QR Code].
7. Scanner
Adalah sebuah alat yang berfungsi untuk mengcopy / menyalin
gambar atau teks yang kemudian disimpan ke dalam memory komputer dengan
bentuk gambar. Scanner hampir mirip dengan mesin fotocopy, tapi bedanya
di scanner kita dapat memodifikasi file yang dicopy melalui monitor
sebulum dicetak hasilnya.
Saat ini sedang dikembangkan scanner dengan teknologi DMR
(Digital Mark Reader). Gunanya untuk mengkoreksi lembar jawaban komputer
(LJK), biodata, dan formulir. Tapi dengan teknologi DMR, lembar jawaban
tidak harus ditulis dengan menggunakan pensil 2B, tapi dapat
menggunakan pulpen, spidol dan alat tulis lain serta dapat menggunakan
kertas biasa.
8. Mikrofon
Input device ini berfungsi untuk memasukkan data berupa suara
yang akan disimpan di dalam memori komputer. Penggunaan mikrofon harus
didukung oleh hardware lain seperti soundcard dan speaker.
9. Graphic Pads
Karena menggunakan teknologi Computer Aided Design (CAD),
maka kita dapat membuat rancangan bangunan, rumah, dll dengan
menggunakan grapich pads. Graphic pads memiliki dua jenis. Pertama,
menggunakan jarum (stylus) yang dihubungkan ke pad atau dengan memakai
bantalan tegangan rendah. Pada bantalan tersebut terdapat permukaan
membrane yang sensitif terhadap sentuhan. Kedua, menggunakan bantalan
yang sensitif dengan sentuhan tanpa menggunakan jarum. Cara kerjanya
adalah dengan meletakkan kertas gambar pada bantalan, kemudian ditulisi
dengan pensil.
Nah itulah macam-macam input device, kegunaan, dan definisinya. Semoga bermanfaat!
Nah itulah macam-macam input device, kegunaan, dan definisinya. Semoga bermanfaat!